Minggu, 29 Desember 2013

Cara Ternak Keroto Tanpa Ratu Dengan Media Tanaman Daun Di Pot



Beternak keroto atau ternak semut ngangkrang gampang-gampang susah. Gampangnya minim resiko, minim modal dengan iming-iming hasil yang luar biasa kalau berhasil. Susahnya ternyata menjinakkan semut ngangkrang itu tidak semudah yang dipikirkan. Jika media yang digunakan tidak membuat betah si semut, maka koloni semut ngangkrang itu akan pergi. Walupun di simpan di rak yang kakinya di kasih air ataupun di simpan di atas kolam sekalipun, mereka tetap saja pergi.


Oleh karena itu bagi para pemula hanya share pengalaman saja, agar koloni semut ngangkrang tidak merasa asing dengan lingkungan barunya, alangkah baiknya gunakan media yang sifatnya alami seperti tanaman daun yang lebar yang ditanam di pot atau sejenisnya. Kenapa di pot? Karena pot bisa dipindah dan bisa disimpan di rak, sedangkan kalau menggunakan media tanaman yang ada di kebun resikonya cukup besar karena semut ngangkrang memiliki hama yang sangat agresif.
Bagaimana agar semut ngangkrang mau membangun sarang pada media tanaman di pot?
Caranya siapkan media seperti rak, tempatkan kaki-kaki rak di atas kaleng berisi air. Simpan satu sarang pada tanaman pot, tidak akan lama maka semut akan bersarang pada tanaman pot.
Dengan catatan rak harus terhindar dari sinar matahari langsung, terlindungi dari air hujang dan angin. Karena semut ngangkrang harus dibuat betah.
Terus Apakah bisa ternak keroto tanpa ratu?
Hasil uji coba meskipun tanpa ratu semut ngangkrang masih bisa bertelur, meskipun jumlahnya relatif sedikit. Dan sarang dengan menggunakan media tanaman pada pot memberikan kenyamanan pada semut ngangkrang untuk terus berkembang biak.
Hanya saja tanpa ratu telur semut atau kroto tidak akan cukup untuk dipanen, untuk menghasilkan seekor ratu atau lebih dari koloni semut ngangkrang dibutuhkan waktu rata-rata 3 bulan. Karena dengan sendirinya koloni semut ngangkrang yang tanpa ratu akan menghasilkan ratu untuk memimpin mereka dan sebagai mesin penghasil kroto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar